Profil
MAN 1 BENGKULU UTARA
Pendahuluan
Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi (Pasal 1 ayat (2) PP RI Nomor 19 Tahun 2005). MAN 1 Bengkulu Utara merupakan salah satu pendidikan formal yang berjenjang pendidikan menengah atas, sehingga dirasa perlu untuk membuat profil madrasah. Dalam dokumen ini dipaparkan tentang profil Madrasah Aliyah Negeri 1 Bengkulu Utara, yang secara keseluruhan mencakup:
- Sejarah singkat
- Visi, Misi dan Tujuan Madrasah
- Struktur Organisasi
- Sumber Daya Manusia
- Sarana dan Prasarana
- Prestasi
- Program Unggulan
1. Sejarah Singkat
Keberadaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Bengkulu Utara berawal dari berdirinya Madrasah Aliyah GUPPI pada tanggal 1 Juli tahun 1990 dengan status diakui, yang terletak di jalan Soekarno kompleks Kandepag Bengkulu Utara. Kemudian berdasarkan Keputusan Direktorat Pendidikan Agama Islam, Departemen Agama RI No. 515A Madrasah Aliyah ini dinegerikan pada tanggal 25 November 1995, dan berubah nama menjadi Madrsah Aliyah Negeri Arga Makmur. MAN 1 Bengkulu Utara terletak di jalan DR. AK. Gani Karang Anyar I kecamatan kota Arga Makmur. Wilayahnya termasuk ke dalam Kabupaten Bengkulu Utara provinsi Bengkulu. Nama MAN 1 Bengkulu Utara sesuai KMA No. 210 tahun 2015 tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri di Propinsi Bengkulu.
Nama Madrasah : Madrasah Aliyah Negeri 1 Bengkulu Utara
Nomor Statistik Madrasah : 131117030001
NPSN : 10703984
Provinsi : Bengkulu
Kabupaten : Bengkulu Utara
Kecamatan : Kota Arga Makmur
Kelurahan : Karang Anyar I
Alamat : Jl. DR. A.K. Gani Karang Anyar 1
Kode Pos 38613
Status Madrasah : Madrasah Negeri
Luas Tanah : 18.030 M2
Luas Bangunan : 3.000 M
Tahun Berdiri : 1995
2. Visi, Misi, dan Tujuan Madrasah
Dalam usaha mewujudkan tujuan pendidikan nasional Madrasah harus menyusun Visi dan Misi Madrasah. Untuk mencapainya diperlukan program kerja yang baik dan berkelanjutan.
VISI MAN 1 Bengkulu Utara :
“Terwujudnya siswa/i MAN 1 Bengkulu Utara yang Islami, Berakhlak Mulia, cerdas dan Kompetitif “
Indikator Visi
a. Islami
1). Memiliki keimanan dan ketaqwaan yang tinggi
2). Memiliki akhlak dan prilaku yang baik.
3). Mampu menjalankan ibadah dan ajaran agama dengan baik dan benar.
4). Mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar
b. Unggul
1). Mampu bersaing masuk perguruan tinggi negeri.
2). Menguasai teknologi informasi
3). Mampu menguasai bahasa Inggris dan Arab.
4). Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
c. Populis
1). Madrasah menjadi pilihan utama masyarakat.
2). Dikenal luas oleh masyarakat
2). Diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.
d.Acountable
1). SDM terkelola dengan baik
2). Aset terkelola dengan baik.
3). Keuangan terkelola dengan baik
4). Seluruh program terkelola dengan baik.
MISI MAN 1 Bengkulu Utara
Adapun MISI MAN 1 Bengkulu Utara adalah sebagai berikut :
- Mengupayakan Agar Komunitas Madrasah mengimplementasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari
- Menciptakan komunitas Madrasah yang memiliki Akhlak Mulia, beradap dan berilmu
- Meningkatkan mutu dan daya saing Madrasah
- Mengembangkan Madrasah menjadi lembaga pendidikan pilihan bagi masyarakat
- Mewujudkan manajemen Madrasah yang akuntabel, transparan, efisien dan efektif visioner.
Indikator MISI MAN 1 Bengkulu Utara
- Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada mutu lulusan
- Terselenggaranya program pengajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan.
- Terselenggaranya evaluasi belajar dengan baik.
- Terselenggaranya program perbaikan dan pengayaan
Meningkatnya nilai ulangan siswa. - Seluruh siswa dapat lulus Ujian Nasional.
- Meningkatkan pengamalan nilai-nilai agama Islam
- Terlaksananya shalat berjamaah di madrasah.
- Terlaksananya program ekstrakurikuler bidang keagamaan.
Seluruh siswa dapat membaca dan menulis Al- Qur’an dengan baik. - Seluruh lulusan dapat hapal juz amma dengan baik dan benar.
- Menumbuhkembangkan bakat dan minat siswa dibidang akademis maupun non akademis
- Terlaksananya ekstrakurikuler bidang sains
- Terlaksananya ekstrakurikuler bahasa Inggris
- Terlaksananya ekstrakurikuler bahasa Arab.
- Terlaksananya ekstrakurikuler bidang TI
- Terlaksananya ekstrakurikuler bidang seni.
- Terlaksananya ekstrakurikuler bidang olahraga.
- Terlaksananya ekstrakurikuler bidang keterampilan.
- Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap madrasah
- Meningkatnya peran komite madrasah dan masyarakat.
- Pendaftar siswa baru meningkat.
- Peran masyarakat terhadap madrasah meningkat.
- Meningkatkan sumberdaya manusia (personil madrasah)
- Seluruh guru bersertifikasi
- Seluruh guru dapat membina siswa secara aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan.
- Seluruh guru menguasai TI
- Seluruh guru mempunyai administrasi pengajaran.
- Kehadiran guru dan karyawan diatas 95% setiap bulannya.
- Meningkatkan tata kelola asset madrasah
- Tersedianya karyawan pengelola aset
- Seluruh aset dapat digunakan secara optimal.
- Pengelolaan asset dapat terlaksana dengan baik.
- Terlaksananya laporan Barang Milik Negara setiap semester/ tahunan
- Terpeliharanya seluruh asset madrasah.
- Meninggkatkan tata kelola keuangan madrasah
- Akuntabilitas keuangan komite terlaksana dengan baik.
- Terlaksananya laporan keuangan komite setiap tri wulan.
- Terlaksananya laporan keuangan setiap triwulan/semester/tahunan.
- Meningkatkan tata kelola program-program madrasah
- Terlaksananya seluruh program madrasah.
- Meningkatkan kesejahteraan pendidik, tenaga kependidikan dan siswa.
- Tersedianya kantin sehat.
- Tersedianya koperasi guru dan siswa.
TUJUAN MAN 1 Bengkulu Utara
- Terlaksananya pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
- Terlaksananya evaluasi belajar secara konsisten dan berkesinambungan
- Optimalnya pelaksanaan perbaikan dan pengayaan.
- Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang akademik dan non akademik melalui program pengembangan diri.
- Optimalisasi pelayanan pada peserta didik dengan meningkatkan sarana dan prasarana.
- Memotifasi dan membantu siswa untuk mengenali serta mengembangkan bakat dan minatnya melalui bimbingan dan konseling.
MOTTO Madrasah :
“Smart is Crucial, Personality is More”
CERDAS ITU PENTING, TAPI KEPRIBADIAN JAUH LEBIH PENTING
SLOGAN MAN 1 Bengkulu Utara
“ A K B A R “
Yang berarti sebagai berikut :
A = Aktif
K = Kreatif
B = Bersih
A = Antusias
R = Relegius
Tantangan MAN 1 Bengkulu Utara
MAN 1 Bengkulu Utara merupakan sekolah yang berada di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara yang posisinya berada di pinggiran kota Arga makmur yang dikelilingi oleh 6 SLTA yang berada di dalam Kota arga makmur tersebut yang terdiri dari 2 SMAN, 2 SMKN, dan 2 SMA Swata. sehingga Madrasah ini berada di daerah persaingan yang sangat ketat sekali. Madrasah ini berada di daerah penduduk asli, walaupun pada hakekatnya masyarakat kota Arga Makmur heterogen dan masyarakatnya memiliki karakter tersendiri. Oleh karena itu untuk mengembangkan sekolah ini diperlukan perencanaan yang lebih khusus dan komprehensif, karena sekolah ini memiliki tantangan yang spesifik, antara lain :
- Adanya ketimpangan dengan sekolah maju yang ada di dalam kota merupakan tantangan nyata yang dihadapi, agar segera mensejajarkan bahkan bila memungkinkan dalam bidang-bidang tertentu mampu mengunggulinya.
- Masih kurangnya sarana dan prasarana, misalnya ruang kelas, ruang / sanggar kegiatan siswa (batik/tari), peralatan kantor, peralatan pembelajaran dan lain-lain sebagainya, merupakan tantangan yang harus disikapi dengan seksama agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.
- Tenaga kependidikan tetap masih kurang baik kuantitas maupun kualitasnya, dan tenaga yang ada rata-rata relatif belum dapat menangani berbagai urusan ketatausahaan, hal ini memerlukan perhatian tersendiri. Untuk itulah diperlukan manajemen partisipatif agar potensi yang dimiliki dapat berkembang dengan baik.
- Tenaga administrasi dan penjaga sekolah juga masih kurang, tetapi kekurangan ini ditutup dengan tenaga administrasi tidak tetap yang jumlahnya cukup banyak yaitu 9 orang. Hal ini cukup membebani pembiayaan rutin sekolah, sedang bila akan dikurangi mereka rata-rata telah berjuang sejak sekolah baru berdiri.
- Intake siswa / rata-rata siswa yang masuk adalah siswa rangking menengah. Di samping itu kebanyakan latar belakang ekonomi orang tuanya juga menengah ke bawah. Kondisi ini merupakan tantangan tersendiri untuk dapat membimbing siswa agar dapat berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.
- Kerjasama dengan berbagai pihak belum dapat dilaksanakan secara optimal. Untuk itu selalu diusahakan terobosan-terobosan baru untuk menggalang kerjasama dengan berbagai pihak agar diperoleh dukungan yang signifikan bagi pengembangan sekolah.
Peserta Didik
Tabel 1.
Perkembangan Jumlah Peserta Didik
No |
Tahun Pelajaran |
Kelas |
Jumlah |
||
X |
XI |
XII |
|||
1 |
2010-2011 |
81 |
82 |
77 |
240 |
2 |
2011-2012 |
66 |
80 |
81 |
227 |
3 |
2012-2013 |
60 |
64 |
72 |
207 |
4 |
2013-2014 |
104 |
62 |
64 |
230 |
5 |
2014-2015 |
112 |
102 |
61 |
293 |
6 |
2015- 2016 |
79 |
96 |
94 |
269 |
7 |
2016-2017 |
111 |
79 |
96 |
286 |
8 |
2017-2018 |
103 |
111 |
79 |
293 |
Tabel 2.
Rata-Rata Nilai Ujian Nasional Program IPA
Tahun |
Mata Pelajaran |
|||||
BIN |
BING |
MTK |
FIS |
KIM |
BIO |
|
2014 |
6,58 |
3,90 |
2,81 |
2,72 |
2,57 |
3,28 |
2015 |
68,40 |
51,15 |
21,37 |
27,92 |
26,59 |
36,99 |
2016 |
64,27 |
40,00 |
23,50 |
25,78 |
29,56 |
37,39 |
2017 |
61,58 |
33,33 |
27,34 |
35,00 |
- |
40,67 |
Tabel 3.
Rata-Rata Nilai Ujian Nasional Program IPS
Tahun |
Mata Pelajaran |
|||||
BIN |
BING |
MTK |
SOS |
GEO |
EKO |
|
2014 |
5,42 |
3,46 |
2,31 |
4,55 |
3,88 |
3,10 |
2015 |
59,89 |
51,54 |
23,19 |
43,00 |
37,62 |
32,64 |
2016 |
54,41 |
40,61 |
26,68 |
41,06 |
42,16 |
33,83 |
2017 |
59,02 |
27,86 |
28,49 |
54,25 |
44,78 |
54,25 |
Sarana dan Prasarana
-
- Data Ruang/Gedung
No |
Jenis Ruang |
Jumlah |
Kondisi |
Keterangan |
01. |
Ruang Kelas |
11 |
Baik |
|
02. |
Ruang Lab Kimia/Biologi |
1 |
Baik |
|
03. |
Laboratorium Fisika |
|||
04. |
Laboratorium Komputer |
1 |
Baik |
Ruang kelas |
05. |
Perpustakaan |
1 |
Baik |
|
06. |
Serba Guna |
- |
|
|
07. |
Ruang Kepala Sekolah |
1 |
Baik |
|
08. |
Ruang BK |
1 |
|
|
09. |
Ruang UKS |
1 |
Baik |
|
10. |
Ruang Guru |
1 |
Baik |
|
11. |
Ruang Tata Usaha |
1 |
Baik |
|
12. |
Kamar Mandi/WC |
13 |
Baik |
|
13. |
Gudang |
- |
|
|
14. |
Rumah Penjaga |
1 |
Baik |
|
15. |
Mushola |
1 |
Baik |
Rusak berat |
16. |
Ruang OSIS |
1 |
Baik |
|
17. |
Tempat Parkir |
2 |
Baik |
|
18. |
Ruang Agama |
- |
|
|
19. |
Ruang Pramuka |
- |
|
|
20. |
Ruang Multimedia |
- |
|
|
21. |
Ruang Tamu |
1 |
Baik |
|
22. |
Ruang Meubeleir |
1 |
Baik |
|
23 |
Ruang Peternakan |
1 |
Baik |
|
Jumlah |
|
|
|
- Data Fasilitas Ruang/Gedung
No |
Jenis Ruang |
Jumlah |
Kondisi |
Keterangan |
01. |
Meja Kepala Sekolah |
1 |
Baik |
Kurang 1 |
02. |
Kursi Kepala Sekolah |
1 |
Baik |
|
03. |
Kursi dan Meja Tamu KS. |
1 |
Baik |
|
04. |
Meja Guru dan Karyawan |
47 |
Baik |
|
05. |
Meja Guru dan Karyawan |
47 |
Baik |
|
06. |
Meja Siswa |
269 |
Baik |
|
07. |
Kursi Siswa |
269 |
Baik |
|
08. |
Almari |
13 |
Baik |
|
09. |
Mesin Ketik |
1 |
Baik |
|
10. |
Mesin Stensil |
1 |
Baik |
|
11. |
TV |
2 |
Baik |
|
12. |
Tape Recorder |
2 |
Baik |
|
13. |
Dispenser |
4 |
Baik |
|
14. |
Brankas |
1 |
Baik |
|
15. |
Mesin Hitung |
4 |
Baik |
|
16. |
Meja Kursi Tamu |
1 |
Baik |
|
17. |
Komputer |
20 |
Baik |
|
18. |
Printer |
2 |
Baik |
|
19. |
LCD Projector |
1 |
Baik |
|
20. |
Lap Top |
2 |
Baik |
|
21. |
Handy Camera |
1 |
Baik |
|
22. |
Genset |
1 |
Baik |
|
23. |
Kamera Manual |
1 |
Baik |
|
24. |
Kamera Digital |
2 |
Baik |
|
25. |
Peralatan Band |
1 |
Baik |
|
26. |
OHP Projector |
|
|
|
Pendidik dan Tenaga Kependidikan Madrasah
Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional. (Pasal 28 ayat 1 PP RI Nomor 19 tahun 2005). Menurut pasal 29 ayat 3 PP RI Nomor 19 Tahun 2005, pendidik pada MAN/SMA atau bentuk lain yang sederajat memiliki:
- Kualifikasi akademik guru harus memiliki ijazah S.1
- Latar Belakang pendidikan tinggi dengan program pendidikan yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan, dan
- Sertifikat profesi guru untuk MA
Jumlah tenaga pendidik pada MAN 1 Bengkulu Utara sudah baik, baik dilihat dari kuantitas maupun kualifikasi akademik. Dari 39 orang jumlah tenaga pendidik, 18 orang diantaranya telah memiliki sertifikat sebagai guru profesional menurut bidang keahliannya masing-masing. Keadaan pendidik pada MAN 1 Bengkulu Utara dapat dilihat pada Tabel 3.
Tenaga kependidikan pada MAN atau bentuk lain yang sederajat sekurang-kurangya terdiri atas kepala sekolah/madrasah, tenaga administrasi, tenaga perpustakaan, tenaga laboraturium, dan tenaga kebersihan sekolah/madrasah (Pasal 35 ayat 1 point c PP RI Nomor 19 Tahun 2005). Berdasarkan pasal 35 di atas, MAN 1 Bengkulu Utara telah memiliki tenaga kependidikan seperti yang dimaksud. Keadaan tenaga kependidikan dapat dilihat pada Tabel 2 dan Tabel 3.
Tabel 2. Kepala Madrasah Yang Pernah Bertugas di MAN 1 Bengkulu Utara
NO |
NAMA |
PERIODE TUGAS |
1 |
Hakki Ramlan, BA |
1995 – 1997 |
2 |
Drs. Mulyadi Usman |
1997 – 1999 |
3 |
Drs. Mulya Hudori |
1999 – 2004 |
4 |
Drs. Rizkan |
2004 – 2009 |
5 |
Dra. Sri Hartini |
2009 - 2012 |
6 |
Drs. Murisdin, M.Pd |
2012 – 2013 |
7 |
Imam Ghozali, M.Pd |
2013 – 2017 |
8 |
Mulyanto, M.TPd. |
2017 - sekarang |
Tabel 3 Keadaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan
NO |
NAMA |
JABATAN |
STATUS KEPEGAWAIAN |
JENJANG PENDIDIKAN |
1 |
Mulyanto, M.TPd. |
Kepala |
ASN |
S2 |
2 |
Drs Muthawali |
Guru MTK |
ASN |
S1 |
3 |
Edwin, S.Pd |
Guru Fisika |
ASN |
S1 |
4 |
M. Hariyanto, M.TPd |
Guru Ekonomi |
ASN |
S2 |
5 |
Drs. Zulzamzami |
Guru B.Inggris |
ASN |
S1 |
6 |
Sunardi, S.Pd |
Guru Fisika |
ASN |
S1 |
7 |
Haryo Pratikto,S.Pd |
Guru Fisika |
ASN |
S1 |
8 |
Gusman,M.TPd |
Guru Kimia |
ASN |
S2 |
9 |
Novita Diana, S.Pd |
Guru Biologi |
ASN |
S1 |
10 |
Dra. Desfira |
Guru B. Inggris |
ASN |
S1 |
11 |
Fahruddin, M.Pd |
Guru B. Indonesia |
ASN |
S2 |
12 |
Endah Asmara, S.Pd |
Guru Ekonomi |
ASN |
S1 |
13 |
Juliani, S.Pd |
Guru Biologi |
ASN |
S1 |
14 |
Apriani, S.Pd |
Guru B.Indonesia |
ASN |
S1 |
15 |
Dra. Yusmawati |
Guru B. Indonesia |
ASN |
S1 |
16 |
Hamzah, S.Pd |
M Guru Ekonomi |
ASN |
S1 |
17 |
Abidah MMM, M.Pd.I |
Guru Sejarah |
ASN |
S2 |
18 |
Eko Widyastuti, S.Pd |
Guru Biologi |
ASN |
S1 |
19 |
Dede Kurniasih, S.Pd |
Guru Geografi |
ASN |
S1 |
20 |
Ridha Sari, M.Pd.I |
Guru B. Arab |
ASN |
S2 |
21 |
Susi Komilasari, M.Pd |
Guru B. Indonesia |
ASN |
S2 |
22 |
Puryadi, S.Pd |
Guru PJOK |
ASN |
S1 |
23 |
Gusti Munir, S.Pd. |
Guru Akidah Akhlak |
HONOR |
S1 |
24 |
Retno Nilamsari,S.Pd |
Guru Matematika |
HONOR |
S1 |
25 |
Erna Yosepa, S.Sos |
Guru Sosiologi |
HONOR |
S1 |
26 |
Aris Kasmandi, S.Pd.I |
Guru Fiqih |
HONOR |
S1 |
27 |
Handri Wijaya, S.Si |
Guru PJOK |
HONOR |
S1 |
28 |
Sugeng Setiyono. S.Kom |
Guru TIK |
HONOR |
S1 |
29 |
Happy Novita, S.Pd.I |
Guru SKI |
HONOR |
S1 |
30 |
Safrotul Mutmainnatul A |
Guru SKI |
HONOR |
SLTA |
31 |
Jami Husein |
Guru Meblair |
HONOR |
SLTA |
32 |
Suyanti |
Guru Menjahit |
HONOR |
SLTA |
33 |
Silvia Tiara Siska |
Guru BK |
HONOR |
S1 |
34 |
Ani Husnaini, S.Pd.I |
Guru Bahasa Arab |
HONOR |
S1 |
35 |
Yaryasa |
Ka. Tata Usaha |
ASN |
S1 |
36 |
Eka Septi Winarti,SE |
Stat Tata Usaha |
ASN |
S1 |
37 |
Dra. Herry Suryani |
Staf Tata Usaha |
ASN |
S1 |
38 |
Endang Sudaryati, S.Pd |
Staf Tata Usaha |
ASN |
S1 |
39 |
Yeni |
Staf Tata Usaha |
ASN |
S1 |
40 |
Suarnadi |
Staf Tata Usaha |
ASN |
SLTA |
41 |
Miyarni,S.Pd |
Staf Tata Usaha |
HONOR |
S1 |
42 |
Mira Salma |
Stat Tata Usaha |
HONOR |
SLTA |
43 |
Nur Hayani Saragi |
Staf Tata Usaha |
HONOR |
SLTA |
44 |
Erika |
Staf Tata Usaha |
HONOR |
SLTA |
45 |
Ebim Fitra |
Staf Tata Usaha |
HONOR |
SLTA |
46 |
Veldy Winaldy |
Satpam |
HONOR |
SLTA |
47 |
Zubirman |
Penjaga Sekolah |
HONOR |
SLTA |
- Data Guru
No |
Status |
Kelamin |
Jumlah |
Jenjang Pendidikan |
Jumlah |
|||
L |
P |
SM/D-3 |
S-1 |
S-2 |
||||
1. |
ASN |
11 |
11 |
22 |
|
15 |
7 |
22 |
2. |
Honorer |
5 |
7 |
12 |
- |
7 |
|
7 |
Jumlah |
16 |
16 |
34 |
|
22 |
6 |
30 |
- Data Pegawai
No |
Status |
Kelamin |
Jumlah |
Jenjang Pendidikan |
Jumlah |
||||
L |
P |
SD |
SLTP |
SLTA |
D2/S1 |
|
|||
1. |
ASN |
2 |
3 |
5 |
|
|
1 |
4 |
5 |
2. |
Honorer |
3 |
4 |
7 |
1 |
|
5 |
1 |
7 |
Jumlah |
5 |
7 |
12 |
1 |
|
4 |
8 |
12 |
Jumlah seluruh tenaga pendidik dan kependidikan sebanyak 46 orang, terdiri atas satu kepala madrasah, guru 34 orang, kepala Tata Usaha 1 orang, staf Tata Usaha 5 orang, tenaga perpustakaan 1 orang, tenaga koperasi 1 orang dan satpam satu orang, dan penjaga sekolah 1 orang.
Berdasarkan keadaan tenaga pendidik dan kependidikan, dari 34 orang jumlah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, 80 % yang berstatus guru PNS, sedangkan yang berstatus non PNS sebesar 20 %. Dari 32 orang jumlah tenaga pendidik dan kependidikan pascasarjana 74 % sarjana (S1), dan 20 % memiliki jenjang pendidikan SMA.
- Sarana dan Prasarana
Menurut pasal 1 ayat 8 PP RI Nomor 19 Tahun 2005, standar sarana dan prasarana adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimal tentang ruang belajar, tempat olahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboraturium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berekreasi, serta sumber belajar lain, yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
Bangunan madrasah pada umumnya dalam kondisi baik. Jumlah ruang kelas untuk menunjang kegiatan belajar memadai. Sarana dan prasarana lain juga sudah cukup, diantaranya sarana olahraga, laboraturium, ruang multimedia, lapangan parkir dan lain-lain.
Tabel 4 Keadaan Sarana dan Prasarana
No |
Jenis Ruang |
Jumlah/Kondisi |
1 |
Ruang Kepala Madrasah |
1 baik |
2 |
Ruang TU |
1 baik |
3 |
Ruang Guru |
1 baik |
4 |
Ruang Kelas |
12 baik |
5 |
Laboraturium |
1 baik |
6 |
Ruang Multimedia |
1 baik |
7 |
Ruang Perpustakaan |
1 baik |
8 |
Ruang UKS |
1 baik |
9 |
Musholla |
1 baik |
10 |
Ruang BK |
1 baik |
11 |
Ruang KRR |
1 baik |
12 |
Ruang OSIS |
1 baik |
13 |
Ruang Keterampilan Peternakan |
1 baik |
14 |
Ruang Keterampilan Menjahit |
1 baik |
15 |
Ruang Keterampilan Meubelair |
1 baik |
16 |
Gudang |
1 baik |
17 |
Rumah Penjaga |
1 baik |
18 |
Kamar Kecil Guru |
1 baik |
19 |
Kamar Kecil Siswa |
1 baik |
20 |
Lapangan Bola Volly |
1 baik |
21 |
Lapangan Bola Basket |
1 baik |
22 |
Lapangan Lompat Jauh |
1 baik |
23 |
Tenis Meja |
1 baik |
24 |
Tempat Parkir |
1 baik |
- Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu Pasal 1 ayat 13 PP RI Nomor 19 Tahun 2005. Dari tahun Pelajaran 2004/2005 sampai dengan Tahun Pelajaran 2006/2007 kurikulum yang diterapkan di MAN 1 Bengkulu Utara adalah Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Sedangkan mulai Tahun Pelajaran 2007/2008 sampai dengan sekarang telah menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan Pasal 1 ayat 15 PP RI Nomor 19 Tahun 2005. Berdasarkan Pasal 1 ayat 15 tersebut, maka pada tahun 2007 MAN 1 Bengkulu Utara telah menyusun KTSP dengan melibatkan seluruh warga Madrasah, komite, kandepag, stakeholder lain dan tenaga ahli dari Universitas Bengkulu.
Pendidikan kecakapan hidup yang diterapkan oleh madrasah merupakan bagian integral dari pembelajaran pada setiap mata pelajaran. Dengan demikian, materi kecakapan hidup akan diperoleh peserta didik melalui kegiatan pembelajaran sehari-hari yang diemban oleh mata pelajaran yang bersangkutan.
Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik (Pasal 19 ayat 1 PP RI Nomor 19 Tahun 2005). Pembelajaran setiap mata pelajaran dilaksanakan dalam suasana yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat antara peserta didik dan pendidik. Metode pembelajaran diarahkan berpusat pada peserta didik. Guru sebagai fasilitator mendorong peserta didik agar mampu belajar secara aktif, baik fisik maupun mental. Selain itu, dalam pencapaian setiap kompetensi pada masing-masing mata pelajaran diberikan secara konstektual dan PAIKEM (Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) dengan memperhatikan perkembangan terkini dari berbagai aspek kehidupan.
Sumber belajar dapat dimanfaatkan peserta didik untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan. Sumber belajar yang bersifat indoor yang terdapat di madrasah, diantaranya laboraturium IPA, perpustakaan, dan musholla.
- Program Unggulan
Program unggulan yang dilaksanakan di MAN 1 Bengkulu Utara, diantaranya berupa praktek ibadah, pemberian bekal kewirausahaan yang dimuat dalam berbagai Keterampilan dan pengembangan diri. Program praktek ibadah berupa bimbingan yang diberikan kepada peserta didik yang berhubungan dengan ibadah kemasyarakatan. Bimbingan yang diberikan berupa penyelenggaraan jenazah, zikir, pembacaan Yasin. Bekal kewirausahaan yang diberikan diantaranya menjahit, meblair, dan produksi ternak ayam. Pengembangan diri yang dilaksanakan sebagian besar di luar kelas (ekstrakulikuler) diasuh oleh guru pembina. Pelaksanaannya dilakukan pada sore hari setelah kegiatan intrakurikuler selesai, yaitu:
- Pramuka
- Paskibraka
- Klub Olahraga/Futsal
- Palang Merah Remaja (PMR)
- Nasyid
- Rebana
- Seni Baca Alquran
- English Competition Club (ECC)
- Sains Olympiad Club (SOC)
- Arabia Club
- Karya Tulis Ilmiah
Selain program unggulan di atas MAN 1 Bengkulu Utara juga ada program belajar pembiasaan mencakup kegiatan yang bersifat pembinaan karakter peserta didik yang dilakukan secara rutin, spontan, dan keteladanan. Program belajar pembiasaan yang dilaksanakan di MAN 1 Bengkulu Utara seperti terlihat pada Tabel 6.
Tabel 6
Program Belajar Pembiasaan
RUTIN |
SPONTAN |
KETELADANAN |
Upacara |
Membiasakan antri |
Berpakaian rapi |
Senam |
Memberi salam |
Memberikan pujian |
Jumat Bersih |
Membuang sampah pada tempatnya |
Berkata sopan santun |
Sholat Berjemaah |
Musyawarah |
Tepat Waktu |
Kultum Jumat |
Berbicara dalam bahasa Indonesia |
Hidup Sederhana |
Membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran berlangsung |
Saling memaafkan |
Disiplin |
Kesehatan pribadi |
Hormat Kepada sesama Guru, teman |
Ramah |
Pembiasaan ini dilaksanakan sepanjang waktu belajar di madrasah. Seluruh guru ditugaskan untuk membina Program Pembiasaan yang telah ditetapkan di madrasah.
- Prestasi
Prestasi yang pernah dicapai peserta didik yang mendapatkan piala atau piagam penghargaan, yang hanya mendapatkan hadiah tidak dicantumkn pada tabel di bawah ini. Prestasi peserta didik yang ditampilkan pada Tabel 5 di bawah ini hanya lima tahun terakhir.
No. |
KEGIATAN |
JUARA |
TINGKAT |
Tahun |
||
Kabupaten |
Provinsi |
Nasional |
||||
1 |
Gerak Jalan SLTA |
II |
ü |
|
|
1995 |
2 |
Volly Putra |
III |
ü |
|
|
1995 |
3 |
Volly Putri |
III |
ü |
|
|
1995 |
4 |
Gerak Jalan Putri |
III |
ü |
|
|
1996 |
5 |
Gerak Jalan Perorangan |
I |
ü |
|
|
1996 |
6 |
Takraw SLTA |
II |
ü |
|
|
1996 |
7 |
Takraw SLTA |
III |
ü |
|
|
1996 |
8 |
Gerak Jalan HUT TNI |
III |
ü |
|
|
1996 |
9 |
Lintas Alam |
I |
|
|
|
1996 |
10 |
Lari 10 KM Putra SLTA |
I |
ü |
|
|
2000 |
11 |
Gerak Jalan Putra SLTA |
I |
ü |
|
|
2001 |
12 |
Gerak Jalan Putri SLTA |
I |
ü |
|
|
2001 |
13 |
Lari 8 KM Putra |
II |
ü |
|
|
2002 |
14 |
Volly Putri SLTA |
I |
ü |
|
|
2002 |
15 |
Gerak Jalan SLTA |
III |
ü |
|
|
2002 |
16 |
Mengarang B.Arab |
IV |
ü |
2002 |
||
17 |
Ceramah Isra' Mi'raj SMUN1 |
I |
Kec |
|
|
2003 |
18 |
MTQ Putri SLTA |
I |
ü |
|
|
2003 |
19 |
Pameran Stan Pendidikan |
I |
ü |
|
|
2003 |
20 |
Ceramah Rohis SLTA |
I |
ü |
|
|
2003 |
21 |
LCT Isra'Mi'raj |
I |
ü |
|
|
2003 |
22 |
Hari Lingkungan Hidup |
Il |
ü |
|
|
2003 |
23 |
Lari 10 KM Putra SLTA |
III |
ü |
|
|
2003 |
24 |
Lari 10 KM Putri SLTA |
II |
ü |
|
|
2003 |
25 |
Gerak Jalan Putri |
II |
ü |
|
|
2003 |
26 |
Ekspresi Gaya Pelajar |
I |
ü |
|
|
2004 |
27 |
Takraw SLTA |
III |
ü |
|
|
2004 |
28 |
Takraw SLTA |
II |
ü |
|
|
2004 |
29 |
Pidato Bung Karno |
III |
|
ü |
2004 |
|
30 |
MTQ / Saritilawah |
I |
ü |
|
|
2004 |
31 |
MTQ / Saritilawah |
III |
ü |
|
|
2004 |
32 |
Mengarang Tema Kesehatan |
III |
ü |
|
|
2004 |
33 |
Syarhil Qur'an |
I |
UNIB |
|
|
2004 |
34 |
Pidato SLTA |
I |
UNIB |
|
|
2004 |
35 |
Pidato SLTA |
II |
UNIB |
|
|
2004 |
36 |
Pidato SLTA |
III |
UNIB |
|
|
2004 |
37 |
Volly Putra Depag |
I |
Kec |
|
|
2004 |
38 |
Olimpiade Komputer |
I |
|
ü |
|
2004 |
39 |
Syarhil Qur'an |
I |
|
ü |
|
2005 |
40 |
Tenis Meja Putra |
I |
ü |
|
|
2005 |
41 |
Kemah Pramuka |
I |
ü |
|
|
2005 |
42 |
TEnis Meja Putri |
I |
ü |
|
|
2005 |
43 |
Sekolah Bersih |
II |
Kec |
|
|
2005 |
44 |
Tenis Meja Putri |
II |
ü |
|
|
2005 |
45 |
Tenis Meja Putra |
II |
ü |
|
|
2005 |
46 |
Siswa Berprestasi |
I |
ü |
|
|
2005 |
47 |
Takraw SLTA |
II |
ü |
|
|
2005 |
48 |
Ekspresi Gaya Pelajar |
III |
UNRAS |
|
|
2005 |
49 |
Tenis Meja Putri |
III |
ü |
|
|
2005 |
50 |
Kaligrafi |
II |
ü |
|
|
2005 |
51 |
Pidato SLTA |
I |
ü |
|
|
2005 |
52 |
Pidato SLTA |
II |
ü |
|
|
2005 |
53 |
Pidato SLTA |
III |
ü |
|
|
2005 |
54 |
Syarhil Qur'an |
I |
|
ü |
|
2005 |
55 |
Nasyid |
II |
ü |
|
|
2005 |
56 |
Fahmil Qur'an |
I |
ü |
|
|
2005 |
57 |
OLimpiade Komputer |
III |
|
ü |
|
2005 |
58 |
Fahmil Qur'an |
I |
|
ü |
|
2005 |
59 |
Saka Bakti |
I |
|
|
|
2006 |
60 |
Nasyid Putri |
I |
Kec |
|
|
2006 |
61 |
Nasyid Putra |
I |
Kec |
|
|
2006 |
62 |
Trompa Panjang Putra |
III |
ü |
|
|
2006 |
63 |
Trompa Panjang Putri |
III |
ü |
|
|
2006 |
64 |
Teknologi Tepat Guna |
I |
|
UNIB |
|
2007 |
65 |
Cita Rasa Penegak |
II |
|
UNIB |
|
2007 |
66 |
Madrasah Sehat |
II |
|
ü |
|
2006 |
67 |
Sekollah Sehat |
I |
ü |
|
2006 |
|
68 |
Fahmil Piala Wabub BU |
II |
ü |
|
|
2006 |
69 |
Tilawah Putri |
III |
ü |
|
|
2006 |
70 |
Tilawah Putra |
I |
ü |
|
|
2006 |
71 |
Kaligrafi Putra |
I |
ü |
|
|
2006 |
72 |
Heking Penegak |
II |
|
ü |
|
2007 |
73 |
Pentas Seni Penegak |
I |
|
ü |
|
2007 |
74 |
Olimpiade Secience Fisika |
III |
ü |
|
2007 |
|
75 |
LCT Penegak |
II |
ü |
|
|
2007 |
76 |
Parade Nasyid |
I |
ü |
|
|
2007 |
77 |
Parade Nasyid |
II |
ü |
|
|
2007 |
78 |
Melukis |
II |
ü |
|
|
2007 |
79 |
Festival Nasyid Putra |
II |
ü |
|
|
2008 |
80 |
Lomba PIK KRR |
II |
ü |
|
|
2008 |
81 |
Perpustakaan SLTA |
III |
ü |
|
|
2008 |
82 |
Festival Nasyid Putri |
II |
ü |
|
|
2008 |
83 |
Festival Nasyid Putra |
III |
ü |
|
2008 |
|
84 |
Raimuni Nasional |
IX |
|
|
ü |
2008 |
85 |
Debat Pramuka |
II |
|
ü |
|
2008 |
86 |
Melukis Tk. Penegak |
I |
|
ü |
|
2008 |
87 |
Kry. Tulis Ilmiah Tk.P |
I |
|
ü |
|
2008 |
88 |
Tek Tepat Guna Tk.P |
I |
|
ü |
|
2008 |
89 |
LCT Pramuka Tk.P |
II |
|
ü |
|
2008 |
90 |
Lomba PP.PMR Tk.Wira |
I |
|
ü |
|
2008 |
91 |
LOmba PP.PMR Tk.Wira |
I |
|
ü |
|
2008 |
92 |
MTQ Putri |
II |
|
ü |
|
2008 |
93 |
Lomba PBT.PMR Tk.Wira |
III |
|
ü |
|
2008 |
94 |
PMR Tk.Wira |
umum |
|
ü |
|
2008 |
95 |
Robana Festival Tabot |
II |
|
ü |
|
2008 |
96 |
Lagu RappHr.Aids.Sd |
II |
|
ü |
|
2008 |
97 |
Bulu Tangkis Tg.Putri |
I |
|
ü |
|
2009 |
98 |
Bulu Tangkis Tg.Putra |
III |
|
ü |
|
2009 |
99 |
Lari 3.000 M Putri |
II |
ü |
|
2009 |
|
100 |
Lari 3.000 M Putra |
II |
ü |
|
|
2009 |
101 |
Voly Putra |
II |
ü |
|
|
2009 |
102 |
Lari 10 KM Putri |
I |
ü |
|
|
2009 |
103 |
Lari 10 KM Putri |
III |
ü |
|
|
2009 |
104 |
Lomba PBB Kreasi.P |
I |
ü |
|
|
2009 |
105 |
Lomba Penjelajah.P |
II |
ü |
|
|
2009 |
106 |
Lomba Tek.Tepat Guna |
II |
ü |
|
|
2009 |
107 |
Lomba Pionaring |
II |
ü |
|
|
2009 |
108 |
LCT Penagak |
II |
ü |
|
|
2009 |
109 |
Voly Putri |
I |
ü |
|
|
2010 |
110 |
Bulu Tangkis |
I |
ü |
|
|
2010 |
111 |
Pramuka |
II |
ü |
|
|
2010 |
112 |
PIK.KRR |
II |
ü |
|
|
2010 |
113 |
Lomba Lagu Rapp.KRR |
II |
ü |
|
|
2010 |
114 |
lomba festival band |
pavorit |
ü |
|
|
2011 |
115 |
Lomba Debat Politik |
III |
ü |
|
|
2011 |
116 |
Lomba Moslem Fasionshow |
I |
|
|
2011 |
|
117 |
Lomba Kutbah TK.SMA |
II |
|
|
|
2011 |
118 |
Sosialisasi Nasyid |
III |
|
|
|
2011 |
119 |
Fahmil |
III |
|
|
|
2011 |
120 |
Tilawah |
I |
|
|
|
2011 |
121 |
Kaligrafi |
III |
|
|
|
2011 |
122 |
Batminton Putri |
I |
|
|
|
2011 |
123 |
Pembaca Buku Perpus |
II |
|
|
|
2011 |
124 |
UKS Tingkat SMA |
I |
|
|
|
2011 |
125 |
Kebersihan Sekolah |
III |
|
|
|
2011 |
126 |
Lari 400 M Putra |
II |
ü |
|
|
2011 |
127 |
Sekolah Bersih |
II |
ü |
|
|
2011 |
128 |
Lari Maraton 10 KM |
Hrpn I |
ü |
|
|
2011 |
129 |
Olimpiade Biologi |
III |
ü |
|
|
2011 |
130 |
Futsal |
II |
ü |
|
|
2011 |
131 |
Busana Muslim |
II |
ü |
|
|
2011 |
132 |
Olimpiade Fisika |
I |
ü |
|
|
2011 |
133 |
Olimpiade MTK |
III |
ü |
|
|
2011 |
134 |
Olimpiade Sain Fisika |
II |
ü |
|
2012 |
|
135 |
Fashion Show |
I |
ü |
|
2012 |
|
136 |
Lomba Nasyid |
II |
ü |
|
2012 |
|
137 |
Olimpiade Sain Fisika |
II |
ü |
|
2012 |
|
138 |
Baca Puisi |
III |
ü |
|
2012 |
|
139 |
Pidato Bahasa Inggris |
II |
ü |
|
2012 |
|
140 |
Fahmil Qur'an |
II |
ü |
|
|
2013 |
141 |
Matematika |
I |
ü |
|
2013 |
|
142 |
Kebersihan Sekolah |
II |
ü |
|
2013 |
|
143 |
Atletik 100 M |
I |
ü |
|
|
2013 |
144 |
Pidato Bahasa Inggris |
I |
ü |
|
|
2013 |
145 |
Inteligency |
I |
ü |
|
|
2013 |
146 |
Atletik 100 M |
I |
ü |
|
2013 |
|
147 |
KSM Mapel Matematika |
I |
ü |
|
2013 |
|
148 |
PIKR |
I |
ü |
|
2013 |
|
149 |
Lomba Nge- RAP |
II |
ü |
|
2014 |
|
150 |
KSM Mapel Matematika |
II |
ü |
|
2014 |
|
151 |
KSM Mapel Kimia |
I |
ü |
|
2014 |
|
152 |
KSM Mapel Fisika |
I |
ü |
|
2014 |
|
129 |
KSM Mapel Ekonomi |
I |
ü |
|
2014 |
|
130 |
KSM Mapel Biologi |
III |
ü |
|
2014 |
|
131 |
KSM Mapel Geografi |
II |
ü |
|
2014 |
|
132 |
AKSIOMA Lari 100 M Putri |
I |
ü |
|
|
2015 |
133 |
AKSIOMA Lari 400 M Putri |
I |
ü |
|
|
2015 |
134 |
AKSIOMA Lari 100 M Putra |
II |
ü |
|
2015 |
|
135 |
AKSIOMA Lari 400 M Putra |
II |
ü |
|
2015 |
|
136 |
AKSIOMA Pidato B.Inggris Putra |
I |
ü |
|
2015 |
|
137 |
AKSIOMA Pidato B.Inggris Putri |
II |
ü |
|
2015 |
|
138 |
AKSIMA KALIGRAFI PUTRA |
II |
ü |
|
2015 |
|
139 |
AKSIOMA KALIGRAFI PUTRI |
III |
ü |
|
2015 |
|
140 |
AKSIOMA MTQ PUTRA |
I |
ü |
|
|
2015 |
141 |
AKSIOMA MTQ PUTRI |
III |
ü |
|
2015 |
|
142 |
Pidato B. Arab Putra |
II |
ü |
|
2015 |
|
143 |
Pidato B. Arab Putri |
III |
ü |
|
|
2015 |
144 |
Pidato B.Indonesia Putra |
II |
ü |
|
|
2015 |
145 |
Pidato B.Indonesia Putri |
III |
ü |
|
|
2015 |
146 |
Bujang Lingkungan Hidup B/U |
I |
ü |
|
2015 |
|
147 |
PASKIB dan TON Terbaik |
I |
ü |
|
2015 |
|
148 |
PIK-R Tahap Tumbuh |
I |
ü |
|
|
2015 |
149 |
PIK-R Duta Remaja Putra |
I |
ü |
|
|
2015 |
150 |
PIK-R Duta Remaja Putri |
II |
ü |
|
|
2015 |
151 |
AKSIOMA Lari 100 M Putri |
II |
|
ü |
|
2015 |
152 |
Tilawah Remaja Putra |
ll |
ü |
|
2015 |
|
153 |
Syahril Al-Qu'an |
lll |
ü |
|
2015 |
|
154 |
Lomba PIK R antar SLTA |
l |
ü |
|
2015 |
|
155 |
Gerak Jalan Putri |
ll |
ü |
|
|
2016 |
156 |
Gerak Jalan Putra |
l |
ü |
|
|
2016 |
157 |
Tenis Meja Putra |
lll |
ü |
|
|
2016 |
158 |
Lari 5 KM |
ll |
ü |
|
|
2016 |
159 |
Lomba Duta Remaja (BKKBN) |
ll |
ü |
|
|
2016 |
160 |
Lomba PIK R unggulan |
ll |
ü |
|
|
2016 |
161 |
Lomba Pidato Kependidikan |
lll |
ü |
|
|
2016 |
162 |
AKSIOMA lari 100 M |
I |
ü |
|
|
2016 |
163 |
AKSIOMA lari 100 M |
I |
|
ü |
|
2016 |
164 |
KSM Ekonomi |
II |
ü |
|
|
2016 |
165 |
KSM Biologi |
II |
ü |
|
|
2016 |
166 |
KSM Kimia |
II |
ü |
|
|
2016 |
167 |
lari 5 KM TK.I SLTA HUT RI Ke 71 |
II |
ü |
|
|
2016 |
168 |
Lomba K3 TK.SLTA HUT RI Ke 71 |
l |
ü |
|
2016 |
|
169 |
Lomba RAP |
I |
ü |
|
2016 |
|
170 |
Lomba Perpustakaan TK.SLTA |
III |
ü |
|
|
2016 |
171 |
Lomba Nge-RAP(anti Narkoba) |
l |
ü |
|
|
2016 |
- Beasiswa
Untuk mengatasi kendala ekonomi, sekolah telah mengupayakan berbagai bantuan dari berbagai pihak. Bantuan biaya pendidikan untuk peserta didik berupa beasiswa BKM, beasiswa Bakat dan Prestasi dari Kementerian Agama dan Pendidikan nasional dan ada juga bantuan untuk siswa tidak mampu dari dana BOS.
- Penutup
Demikian profil Madrasah ini di buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Arga Makmur, Juli 2022
Kepala,
JEMI SUNDAYA
Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Visi dan Misi
VISI MAN 1 Bengkulu Utara : “Terwujudnya siswa/i MAN 1 Bengkulu Utara yang Islami, Berakhlak Mulia, cerdas dan Kompetitif “ MISI MAN 1 Bengkulu Utara Ada